SYSTEM REQUIREMENT

Senin, 09 Juli 2012


Menurut sommerville requirement adalah spesifikasi dari apa yang harus diimplementasikan, deskripsi bagaimana sistem harusnya berkerja atau bagian-bagian yang ada didalam sistem, bisa juga dijadikan batasan dalam proses pengembangan sistem.
Ada beberapa macam requirement menurut sommerville yaitu:

a.       User Requirement (kebutuhan pengguna)
Pernyataan tentang layanan yang disediakan sistem dan tentang batasan-batasan  perasionalnya. Pernyataan ini dapat dilengkapi dengan gambar/diagram yang dapat dimengerti dengan mudah.


b.      System requirement (kebutuhan system)
Sekumpulan layanan/kemampuan sistem dan batasan-batasannya yang ditulis secara detil. System requirement document sering disebut functional specification (spesifikasi fungsional), harus menjelaskan dengan tepat dan detil. Ini bisa berlaku sebagai kontrak antara klien dan pembangun.

c.       Software design specification ( spesifikasi rancangan perangkat lunak)
Gambaran abstrak dari rancangan software yang menjadi dasar bagi perancangan dan implementasi yang lebih detil.

   Namun yang cukup membingungkan adalah definisi yang dijelaskan oleh Wikipedia yang relatif bertolak belakang dengan yang dijabarkan sommerville. Wikipedia menjelaskan bahwa system requirement adalah spesifikasi hardware yang dibutuhkan oleh software untuk bisa beroperasi secara baik.

   Ternyata system requirement menurut situs http://www.jiludwig.com  bisa mengarahkan ke banyak pengertian, bisa berarti system-level, operating system atau yang lain, tergantung sesuai dengan perspektif dari yang mengungkapkannya, jadi perlu diklarifikasi apa yang dimaksud kepada yang mengungkapkannya. Namun biasanya yang dimaksud adalah kependekan dari system functional requirement. Masih menurut http://www.jiludwig.com system functional requirement merupakan kebutuhan yang menentukan kondisi atau kapasitas yang harus dimiliki oleh sistem atau komponen. system functional requirement terdiri atas kebutuhan fungsional dan non fungsional.

   Menurut merlin dorfman  System requirement dan software requirement sering diperlakukan sama karena mempunyai alat dan metode, serta teknik dokumentasinya sangatlah mirip. System requirement mendeskripsikan prilaku sistem jika dilihat dari luar ( contoh: pengguna ) walaupun dokumen dan spesifikasinya tidaklah mudah dibaca oleh pengguna.
Namun yang cukup detil dalam memetakan berbagai macan requirement adalah buku Software requirement: What, Why, and Who dengan grafik seperti dibawah ini
Disitu dijelaskan bahwa requirement terdiri atas 3 jenis yaitu Business requirement, User Requirement, dan Functional requirements. Business requirement merepresentasikan tujuan tingkat tinggi custumer yang memesan sistem, user requirement mendiskripsikan tujuan pengguna atau tugas yang bisa dilakukan oleh pengguna.functional requirement menspesifikan pada fungsionalitas software yang harus dikembangkan oleh developer. Sedangkan istilah system requirement mendiskripsikan kebutuhan yang paling tinggi untuk produk yang memiliki banyak sub-sistem.

0 komentar:

Poskan Komentar

iklan

Komentar