Pages

Monday 9 July 2012

TIPS MEMBERI NAMA ANAK




Memberikan nama untuk anak itu susah-susah gampang.Salah-salah nama bisa jadi beban si anak, maka hati-hatilah dalam memberikan nama untuk anak tersayang, Karena nama akan disandang seumur hidupnya.berikut tips yang semoga bermanfaat bagi yang sebentar lagi mempunyai momongan :

1.Nama itu mengandung doa.
Nama anak itu cermin harapan orang tua, Nama itu mengandung doa yang singkat saja. Kalau terlalu panjang nanti dikira tahlil atau wirid kalau di panggil bukanya nengok palah bilangnya “amin”.
Nama anak mudah dibaca dan mudah ditulis,meskipun tampaknya bagus, jangan pakai huruf mati yang digandeng-gandeng atu didobel-dobel (mis.lloyd,nikky,thasya,dll).Biasnya sama petugas kelurahan akan terjadi salah tulis dalam pembuatan akte kelahiran,kartu keluarga,KTP,dll.Nah ngak enaknya lagi kalau kita minta revisi biasanya kena biaya lagi dan prosesnya lama lagi.


Minimal ada firstname dan nick name dan family name, gitu loh..Ini penting terutama kalau pas lagi ngurus paspor atau visa, ngak jadi berangkat ke amerika hanya gara-gara namanya Cuma Prakoso atau Pramuji atau Pamuji.
Nama yang terlalu panjang bisa bikin susah si pemilik nama, Disamping susah si pemilik nama, juga ngerepotin waktu ngisi formulir pendaftaran masuk perguruan tinggi(dulu UMTPN). Itu loh yang ngitemin buletan-buletan pakaai pensikl 2b. capek kan, nama panjang seperti SITI HARTATI RIWAYATI MULIANINGSIH ADININGRUM EKAR BERSERI SEPANJANG HARI adalah sangat-sangat not-recomendend

Jangan memberi nama anak Cuma hanya enak diucapkanatau bagus ditulisnya. Nama jalmowono memang sepintas enk di ucapkan dan bagus kalau ditulis tetapi ketahuilah jalmowono itu artinya orang utan


2.Nama jangan nyusahin orang kelurahan.

3.Nama jangan satu kata
4.Nama jangan terlalu panjang
5.Nama anak bersifat internasional
Anak kita hidup di masa depan, di era globlalisasi dimana hubungan internasional amat sangat intens. Jadi jangan mempersulit anak dengan nama-nama yang sulit dieja.Nama saklitinov misalnya orang jepang nyebutnya sakuritino,orqng sunda bilangnya aktinop orang amerika bilangnya sechalaytinove, susahkan padahal maksudnya sabt kliwon tiga November hehe.
6.Ketahuilah arti nama anak
7.Jangan pakai nama artis
Nama artis memang bagus-bagus, Cuma masalahnya kalau artis itu kelakuanya baik, lha kalau jadi bahan gossip melulu kan jadi beban juga buat sianak.Lagian pakai nama artis itu tandanya anda gak kratif dalam bikin namanya
8.Abjad huruf pertama nama anak.
Huruf pertama “A” ada enaknya ada juga ga enaknya. Gak enaknya kalau pas ada ujian/test/praktek sering di panggil duluan. Gak sempet-sempet nanya temannya. Tapi kadang –kadang juga pas giliran dapat pembagian apa gitu,dapetnya juga sering duluan. Sebaiknya ambil huruf pertama itu D sampai K.

No comments:

Post a Comment